Selasa, 09 Oktober 2012

Cobaan Terberat Menjelang H-3 Lamaran (Jelang Nikah)

Baru aja aku dikirimin artikel walipop tentang cobaan-cobaan menjelang nikah sama temen aku...ga tau kenapa itu artikel bener banget banget banget banget dalam posisi aku sekarang..penasaran..yuuk simak bareng...

Jakarta - Saat Anda dan pasangan merencanakan pernikahan, tak jarang berbagai cobaan pun muncul silih berganti. Ada yang bilang cobaan tersebut adalah ujian, namun ada pula yang mengatakannya sebagai 'peringatan' atas keputusan Anda menikah. Berikut beberapa cobaan yang biasa datang ketika sedang merencanakan pernikahan.

1. Finansial Tidak Stabil
Masalah finansial tidak hanya memberikan dampak buruk bagi mereka yang sudah menikah. Bagi yang belum menikah pun, masalah finansial bisa menjadi pemicu keretakan hubungan. Oleh karena itu, pikirkan serta bicarakan dengan matang mengenai masalah finansial ini. Mulai dari siapa yang akan mengeluarkan biaya untuk pesta pernikahan, hingga siapa yang bertanggung jawab atas pengeluaran tiap bulan setelah menikah.

2. Datang Orang Ketiga
Saat pesta pernikahan tinggal menghitung hari, hubungan Anda dan pasangan 'diganggu' oleh datangnya orang ketiga. Beberapa orang menyebut kedatangan orang ketiga ini sebagai cobaan yang sebaiknya dihindari, namun sebagian lainnya beranggapan sebagai 'hal yang seru dilakukan sebelum terlanjur menikah'. Apapun keputusan Anda, pikirkanlah dengan baik dengan mempertimbangkan pasangan. Jangan sampai keputusan Anda dibuat hanya didasari oleh rasa penasaran yang bisa berakibat buruk.

3. Tinggal dengan Mertua
Banyak hal yang perlu didiskusikan sebelum akhirnya Anda dan pasangan menikah. Mulai dari pengaturan finansial, anak hingga pemilihan tempat tinggal. Bagi Anda dan pasangan belum memiliki rumah sendiri, cobalah mendiskusikan di mana nantinya akan tinggal. Keputusan tinggal bersama mertua seringkali menjadi penyebab perselisihan yang dapat berujung keretakan hubungan. Jangan dulu terpuruk dengan anggapan bahwa tinggal bersama mertua sama sekali tak menyenangkan, dan yang terpenting, bicarakan masalah ini dengan pasangan.

4. Goyahnya Kepercayaan Diri
Ketika pernikahan sudah di depan mata, sebagian orang mulai mengalami 'over thinking' yang pada akhirnya menggoyahkan kepercayaan dirinya. "Apakah saya mampu menafkahi istri saya?, Apakah saya bisa menjadi istri yang baik? Saya tidak bisa memasak, kenapa ia memilih saya?", adalah beberapa pertanyaan yang biasanya berkecamuk dalam pikiran orang yang 'over thinking'. Jika Anda mengalaminya, cobalah tenangkan diri dan minta pasangan menuliskan hal-hal yang membuat ia jatuh cinta pada Anda. Apabila pikiran negatif datang lagi, Anda pun bisa langsung membaca daftar tersebut.

5. Ragu Pada Pasangan
Keraguan terhadap pasangan merupakan cobaan yang paling sering datang, terutama bagi mereka yang akan menggelar pesta pernikahan. "Is he the one?," merupakan salah satu pertanyaan yang sering ada dalam pikiran. Ceritakan keraguan Anda kepada pasangan, orang tua atau kerabat terdekat. Jika perlu, menunda pernikahan bisa menjadi solusi yang masuk akal. Bagaimanapun kebahagiaan Anda adalah segalanya.

sumber : walipop

Dari sekian banyak cobaan-cobaan diatas yang sekarang lagi aku hadapin buat aku cobaan yang terberat sekarang adalah poin 2 datang orang ketiga. Yaa, saat ini hal itupun terjadi sama aku :(
bingung mau mulai cerita darimana, dan bingung apa cerita aku ini harus aku share apa engga...huhuhu galau maxi niihhh *eeeaaaa* asli aku ragu dan bingung buat share tapi karna kupikir blog ini udah jadi temen curhat segala yang aku lewatin plus mudah2an bisa diambil hikmahnya sama temen2 dari cerita aku ini...setelah berpikir keras buat mikirin apakah cerita ini dishare apa gak diblog ini akhirnya aku mutusin buat share cerita ini ke temen2 buat nambah2 pengetahuan aja dan buat nambah pelajaran aja tentang cobaan jelang nikah.

Semua para capeng pastinya sempet atau pernahlah yaah baca2 artikel tentang beberapa cobaan jelang nikah. Banyak banget artikel yang bahas tentang waspada terhadap cobaan jelang nikah. Aku beberapa kali baca artikel2 itu...kebayakan emang tentang emosi para capeng jelang nikah yang masuk cobaan terberat, tapi bukan itu yang mau aku ceritain disini. Ada lagi hal kedua cobaan nikah yang terberat selain emosi capeng yaitu kemunculan masa lalu mendekati jelang nikah yang bisa bikin bimbang dan ragu buat nikah.

Naaah, itulah yang mau aku ceritain....buat aku ini antara nightmare sama miracle...entaahlaah...ternyata dari sekian banyak artikel cobaan jelang nikah yang aku baca di internet maupun dibuku2 semuanya ada point bagian tentang cobaan mantan pacar jelang nikah...nah looh ini maksud ceritanya gmn siihhh?? yg jelasss ngapah? hahaha sabar sabaaarrr

Berawal dari aku yang ditugasin ke Bandung sama kantor baru (jeeengg, baru inget blm cerita tentang perpindahan kantor baru aku, nanti deh yaah). Jadi aku dadakan banget pas dikantor disuruh tugas ke Bandung, dikasih tau hari jumat kalo senin suruh berangkat...jedeeeerrrr disisa2 hari nyiapin lamaran gini harus kebandung...aaarkkhhhhggg bijimaneee iniiihhh udah tinggal seminggu lagi lamaran malah harus kebandung yang gak tau berapa lama disana...huhuhu. 

Okeh, seninpun tiba diawali dengan maceet yang rruuuaaarr biasa...gegara macet yang sungguh2 menyita waktu yang akhirnya bikin gw ketinggalan travel dong cuma beda 4 menitan...huwaaaaaaa ketinggalan travel yang berangkat jam 7.30....eeerrrr kesel banget deh harus nunggu travel jam berikutnya 2 jam lagi...huwaaaahhh kriik kriiik banget kan tuh...

Disela2 nunggu aku cuma sarapan sama maenan hp. Biasalah update status sana sini, maenan twitter, fb, instagram, line, whats up, dll. Sampe akhirnya pas buka fb ada status masa lalu aku (read : mantan) yang pasang status juga kalo dia lagi otw ke bandung juga. Langsung deh aku comment, yaaa awalnya emg aku udah biasa aja sama dy makanya kalo comment2nya yaah biasa aja gitu...aku comment mau nebeng berangkat ke bandung, sapa tau dia belum berangkat kan bisa nebeng gratis pula...huahaahhaha...tapi akhirnya yaa ga bareng siapa2 aku tetep naek travel ke bandung...

Singkat cerita aku dibandung selama 3 hari buat tugas kantor, berangkat senin dan rabu balik ke Jakarta. Gak terasa udah 3 hari dan rabu pagi aku harus balik ke Jakarta, niatnya aku mau naek travel pagi biar bisa sampe Jakarta siang dan bisa ke kantor dulu buat laporan tapiiiiii tiba2 ada whats up masuk dan itu dari masa lalu aku...dy nanya aku udah pulang blm dan ngajakin pulang bareng ke Jakarta. Entah harus seneng atau gimana...tadinya aku nolak karena terpentok waktu. Aku pengen pulang ke Jkt pagi sedangkan kalo bareng dy bisanya siang, dan makin gak bisa nolak setelah aku tau yang minta aku bareng pulang ke Jkt adalah ibu nya. Ibunya pengen banget ketemu aku, entah maksudnya apa. Aku pikir ini gpp mungkin sebatas silaturahmi sama keluarganya toh akupun udah ga ada apa2 sama masa lalu aku. Jadi aku iyakan ajakan dy.


Janjian siang jam 12an di Pasteur dan aku udah sampe sekitar jam 11an dimana dy dan keluarganya pun baru sampe jam 1an...okelah aku nunggu gpp karena aku yang mau numpang. Setelah nunggu kurleb 2 jam akhirnya dateng juga mobil dy dan keluarganya dan kita pulang bareng2. Disepanjang perjalanan kita ngbrol2 biasa aja sama ortunya juga..ngbrol kerjaan dan lain2…

Adzan dzuhur pun berkumandang, aku sama masa laluku beserta ortunya meilipir di rest area buat sholat dzuhur sekaligus makan siang. Ya Allah, saat2 itu yang dulu aku pengenin banget, yang dulu aku harapin banget baru sekarang terwujud setelah 8th lamanya dan dengan status aku dan masa lalu ku dah ga ada hubungan ditambah aku yang 3 hari lagi jadi tunangan panda. Antara perasaan seneng karna akhirnya bisa merasakan moment ini dan perasaan berdosa sama panda karna secara ga langsung aku udah nyakitin panda :(. Aku sampe rest area makan di Solaria sehabis itu sholat dan lajut pejalanan lagi, aku bener2 ngerasa disituasi yang saat itu adalah moment yang dari dulu aku harapin bisa ngerasaan moment ini adalah pelengkap puzzle cinta pertama aku…gak terasa akhirnya sampe Jakarta dan nganterin ortunya dulu ke rumah dulu yang artinya akupun ikut ke rumah dia...yaa sekedar numpang sholat magrib dan istirahat bentar sebelum melanjutkan perjalanan ke rumah aku.

FYI…selama aku pacaran dulu kurleb 1 tahun, dy masa lalu adalah cinta pertama aku jaman SMA dulu…ya, dulu aku sama dy sempet pacaran selama kurleb 1 tahun tapi kita bener2 kaya orang pacaran hanya beberapa bulan aja, selebihnya kita berdua bener2 kaya orang gak pacaran dan gak saling kenal (tapi status masih blm putus). Hubungan kita berdua renggang karena terlalu banyak temen2 yang ikut campur dlm urusan kita berdua yang berujung semua berita dan gossip simpang siur dan akhirnya jadi salah paham diantara kita berdua dan dengan pemikiran masing2 tanpa kita berdua klarifikasi dulu kejelesannya masing2 kita memutuskan pisah setelah beberapa bulan ga jelas. Selama hampir 1 tahun kita pacaran pun aku ga pernah yang namanya dikenalin sama ortunya apalagi diajak main kerumahnya…

Dirumahnya aku cuma ngbrol2 sama ortunya aja dan maen sama ponakan2nya sampai akhirnya gak lama aku pamit pulang. Dia nganter aku kerumah naek mobil, yang sedari tadi aku duduk dibelakang sama ibunya sekarang aku duduk di depan samping dy. Jujur, aku bener2 canggung banget saat itu...disamping aku ga enak sama panda aku karna ada di situasi saat itu aku juga bingung mau ngbrolin apa sama masa lalu ku. Akhirnya selama perjalanan entah mulai dari mana awalnya aku dan dy ngebahas ttg semua kisah aku sama dy dulu yang ternyata semuanya hanya kesalahpahaman semata.

Yaaa, aku sih udah gak mikirin tentang dulu2 lagi toh aku sekarang udah punya panda...tapi ada satu moment dimana aku shock dan gak bisa ngomong apa2. Tanpa aku tau dy serius apa engga, tiba2 disela minta maaf dy ke aku dy ngelamar aku. Sumpaaah, aku ngerasa saat itu nyesel banget karna udah ada disituasi itu. Aku makin ngerasa bersalah banget sama panda karna aku buka celah ke orang lain. Bayangin aja 8th aku sama masa lalu aku pisah sejak putus dulu dan tiba2 dy dateng lagi minta maaf dan ngungkapin semua perasaan dy ke aku terus tiba2 ngelamar gitu ajah..hellooowwww dy sadar ga sih aku udah mau lamaran sama panda.

Dia masa lalu aku, salah paham sama aku dan panda, selama ini dia berfikir aku sebelum putus sama dy udah jadian sama panda padahal yang sbenarnya malah ga sama sekali, panda ada buat aku waktu itu sebatas bantuin aku buat bisa ngembaliin hubungan aku sama masa lalu aku. Panda ga tega liat aku yang terus2an berharap sama masa lalu aku, makanya dy bantu aku buat balikan lagi sama masa lalu aku, tapi yang dilihat masa lalu aku malah sebaliknya. Aku disangka jadian sama panda dan keliatan lebih cocok, padahal kurang lebih setahun aku putus sama dy dan masih berharap sama dy sampai akhirnya panda masuk ke kehidupan aku dengan tau perasaaan aku belum bisa sepenuhnya ngelupain masa lalu aku. Tapi disitulah perjuangan panda aku, panda mulai semuanya dari nol. Disaat2 aku lagi ngedrop dan putus ada sama hubunganku dan dy, bolak balik masuk rumah sakit karna saking ambruknya, panda yang dulu sahabat masa lalu aku mungkin ngerasa kasian sama aku dan berniat bantu ngembaliin hubungan aku sama masa laluku tapi ternyata hal itu malah membuat kesalahpahaman semakin menjadi. Akhirnya, aku memutuskan buat bener2 gak berharap sama masa laluku lagi dan butuh beberapa bulan untuk aku bisa move on dan akhirnya membuka hati untuk panda yang kupikir selama ini cuma dy yang peduli sama aku, disampng aku setiap saat aku butuhin. Panda terus menerus berjuang buat bikin hati  dan pikiran aku Cuma ke panda. Panda berusaha biar aku ga sakit terus mikirin masa lalu aku dengan selalu ada disamping aku, buat aku selalu ketawa dan hampir ga pernah bikin aku nangis. Dari situ akhirnya aku memutuskan bener2 menutup masa lalu aku dan membuka lembaran baru sama panda sampai akhirnya kami bisa jalan hampir 8th ini dan akan memutuskan untuk menikah.

Masa lalu 8th silam, nyesel senyesel2nya pas tau kalo dulu semuanya karna salah paham dan berakibat fatal sampai sekarang dy ga bisa milikin aku. Selama 8th ini dy ternyata nunggu aku pisah sama panda aku, selama 8th ini dy ternyata kepoin aku, semua hal tentang aku dy tau dan selama 8th ini dy mendem perasaannya ke aku dan selama 8th ini dy mikirin gmn caranya ngambil balik lagi aku dari panda. Karena menurut dy dulu panda udah ngambil haknya dy yaitu aku. Dan sekarang dy mau ambil hak nya balik dari panda dalam artian dy mau ambil aku dari panda. Bahkan parahnya, kalo sendainya dimobil saat itu dy ngelamar aku bilang “iya” dy akan ngomong langsung ke mama aku dan bawa ortunya ke rumah aku sebelum tanggal 9 Sept lamaran aku. Gilaaa kaaann….bahkan dy bakal berjuang sampe misalkan aku udah status tunangan panda kalo aku bilang “iya” dy bakal nekat tetep bawa ortunya ke rumah aku buat ngelamar. Masyaallaaaahh….mirisss aku dy sampe senekat itu…

Kalo yang aku tanggep sih dy sebenernya belum tau rencana lamaran aku tanggal 9 sept 2012 itu. Keliatan dari ekpresi mukanya pas sampe dan masuk rumah aku bantuin angkatin barang2 aku dari mobil, dy keliatan kecewa banget. Yaa, aku emang ga bilang pas dimobil kalo aku mau lamaran tanggal 9 Sept 2012, karena ga tau kenapa aku ga bisa berkata-kata saat itu. Yang jelas ekspresi muka dy berubah disaat dy liat ada perlengkapan buat catering. Gak lama dari situ mama aku ga sengaja ngomong niat mau ngundang buat acara tanggal 9 sept 2012 dan disitulah dy tau semuanya, gak lama dari obrolan itu dy langsung pamit pulang dengan muka sepertinya agak kecewa.

Selang beberapa jam setelah kepulangannya, dy whats up dan ungkapin semuanya...dari situ semuanya jelas, semua kisah yang hampir 8th ngegantung sekarang semuanya jelas. Selama ini kita berdua sama2 salah paham dengan pemikiran masing2. Tapi, semuanya udah terlambat...meski bagaimanapun sekarang masa depan aku sekarang adalah panda, orang yang udah hampir 8th ada disamping aku suka dan duka dan dy hanya masa lalu aku 8th yang silam. Apapun ga akan merubah keputusanku untuk menikah sama panda...aku sadar ini cobaan dari Allah untuk nguji keyakinan dan kesetiaanku. Walau puzzle kisah cinta aku yg dulu 8th silam sekarang udah lengkap dengan pengakuan dan terbukanya kenyataan masa lalu aku selama 8th ini masih ngarepin aku dan nunggu aku tapi aku harus tetap yakin bahwa pendamping terbaikku adalah panda. Calon pendampingku yang bakal nikahin aku nanti, yang bakal ucap ijab kabul di depan penghulu. Berdosanya aku kalo aku sampai ragu dan berkhianat atas cinta panda selama kerleb 8th berjalan. 

Ya Allah, cobaan ini bener2 berat buat aku. Disatu sisi aku ga mungkin ninggalin panda dan aku udah janji sama diri aku sendiri kalo pandalah yang akan jadi pendamping hidup aku tapi disisi lain aku ngerasa sedih karna kisah cinta pertama aku ber-ending sedih seperti ini. Apa bener kata orang2 cinta ga harus memiliki??? Aku pun ga tau perasaan aku sama masa lalu aku ini cinta atau sebatas obsesi aja, obsesi karna dulu aku ga bisa milikin dy sepenuhnya. Entahlah aku ga tau sampe sekarang apa yang sekarang ada dalam hati aku….yang jelas masa depanku adalah Panda.

Aku ga munafik kalo hal ini sempet bikin aku bimbang dan kacau. Perasaan aku yang udah haru biru menyambut pernikahanku tiba2 down gitu aja karna kehadiran seseorang yang tiba2. Begitu besar dy berusaha untuk mendapatkan aku tapi sampai detik ini alhamdulillah aku masih tetap kuat berdiri pada keyakinan dan kesetiaan aku sama panda. Walau sempat kacau H-3 menjelang lamaran, tapi akhirnya aku bisa melewatinya. Aku benar2 yakin memilih panda sebagai calon pendampingku kelak. Orang yang selama ini ada disampingku 8 th lamanya, saat aku susah, sedih ataupun kacau panda selalu ada disampingku. Betapa bodohnya aku jika aku berpaling ke orang yang sudah menjadi masa laluku.

Cinta panda sama aku tulus, begitu banyak hal yang kami lewati bersama. Moment2 saat sekolah SMA, moment lulus, kerja, kuliah, kerja sampai akhirnya kita berdua memutuskan untuk menikah, hal itu terlalu berharga untuk aku lupakan. Begitu besar cinta panda ke aku setiap harinya yang buat aku semakin bersalah atas kejadian ini. Maafin aku yah panda, aku sampai detik ini belum sempet cerita, aku takut...takut hal buruk menimpa kita. Tapi aku janji sebelum menikah aku akan jujur semuanya...aku janji apapun resikonya.

Ya Allah, ga minta dikurangin cobaannya...cuma minta tambah dikuatin aja biar bs lewatin smw cobaan ini...amiin ya robbal alamin...

========================================================================
Ini cuma sekedar kisah yang aku share buat kalian para pembaca. Semoga ceritaku ada hikmahnya bagi kalian yang sedang ragu atau kurang yakin dengan pasangannya karna sebab yang sama. Inget semua yang kalian berdua lalui bersama dan korbankan bersama, ini hanya cobaan dari Allah untuk menguji kekuatan cinta kalian sebelum akhirnya menikah. Percaya dan yakin Allah sudah menyiapkan kebahagiaan masing2 bagi umat Nya :)

19 komentar:

  1. ocha....
    aku tau banget apa yg km rasain...
    krn aku jg ngrsain hal yg sama cha...
    bingung...galau...ragu...
    cha...
    blh mnta no.hpnya kah...
    email ya.. devifajarwati@rocketmail.com
    thanks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya say, prasaan, hati n pikiranku kacau bgt...bimbang, bingung krn ga munafik dy org yg dr dulu aku harapin tp ga kesampaian skg stelah 8th dtg dan ngelamar trus cerita slama ini dy nunggu aku n kepoin aku slma 8th.
      Udh kukirim no hpku via email yah :)

      Hapus
  2. khitbah memang luar biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sungguh sangat luar biasa :)

      Hapus
  3. wah haru biru nebaca kisah oca, berat ya say, tapi alhamdulillah bisa dilewatin. Aq aja yang belum nentuin tanggal masih sering galau disaat perhatian lebih masuk ke aku dari orang terdekat juga

    BalasHapus
  4. Aq lagi ada diposisi ini, kisahnya hmpir sama ,, aq mau share :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan dulu menikah klo kmu diposisi ini karna nikah itu janji kita dengan tuhan bukan cuma sn manusia.. klo dri awak sdh tdk bs pegang kesetiaan dgn cara msh mau ktmu dgn cowo laen gmn nantinya? Kejujuran dan mempertahankan prinsip itu yg sulit.

      Hapus
  5. Klo sdh mau dilamar kok bermain api mba what u do is what u get. Bijimana jadi istri nanti..

    BalasHapus
  6. Mau nanya mbak, aku sma pacar udah sepakat untuk menikah, akan tetapi ketika udah dpt tgl lamaran dan semua udah beres dpersiapkan ceweku mulai ragu,
    apakah hal tersebut normal

    BalasHapus
    Balasan
    1. normal sebelumnya saya juga bgtu ke pacar sy tp alhmdllah smpe skrg udh tgl nunggu hari H

      Hapus
  7. kalau aku di ksh cobaan dengan pacar aki kluar dr krjaan nya dn aku lbh dlu kluar krjaan .. skrg kita sm2 ga krja sdgkn seserahan blm semua dn smua sifat jelek pcr aku bru ketauan skrg .. :(

    BalasHapus
  8. Hemm enggak hanya itu aja tapi kita juga perlu perawatan pra nikah hehe :)

    BalasHapus
  9. yuuk sebelum melepas masa lajang ketahui dulu apa persiapanya

    BalasHapus
  10. ujian untuk menuju ridhanya allah itu sebenenrya untuk membuat kita semakin yakin...
    seperti yang aku rasain sata ini

    BalasHapus
  11. Udh prnh ngalami ggl smpe 2x lmrn bubar.gr2 cwok aq kcantol cwek lain.aq ditinggalin gt aj.Ya wiz,smua ada hikmahnya.smua prbuatan jg psti ada blsnnya.

    BalasHapus
  12. Udh prnh ngalami ggl smpe 2x lmrn bubar.gr2 cwok aq kcantol cwek lain.aq ditinggalin gt aj.Ya wiz,smua ada hikmahnya.smua prbuatan jg psti ada blsnnya.

    BalasHapus
  13. Tapi emang katanya kalo mau nikah tuh ada ada godaanya... jadi gitu

    BalasHapus
  14. yang sabarr aja mbak ya.. nikah emang gitu banget kok... itu baru penikahannya giman nanti stelah nikah haha

    Depok|| Trenggalek ||Malang

    BalasHapus